cara jualan online terbaik

Cara Jualan Online Terbaik Agar Cepat Sukses

Satudetik.com – Mau tau cara jualan online terbaik? Banyak orang mencoba berjualan online. Karena memulai bisnis online sekarang sangatlah mudah. Oleh karena itu, banyak yang terjebak dan melakukannya dengan asal-asalan tanpa menggunakan strategi yang tepat. Dan hal tersebut mengakibatkan bisnis jualan online mereka sulit untuk berkembang dengan baik.

Jadi kita harus tahu cara yang benar, agar sukses berjualan online dan mendapat untung berlipat. Untuk menjadi mahir dalam jualan online saat ini, anda tidak harus susah payah dalam menjalankannya, meskipun kerja keras merupakan kuncinya. Namun, selain anda memiliki semangat dan kerja yang keras anda harus mengetahui skema dan strategi yang tepat untuk anda terapkan dalam bisnis anda.

Cara jualan online terbaik untuk cepat sukses

Jika anda mungkin baru masuk dalam bisnis jualan online, tentu akan ssedikit kebingungan untuk memulainya. Jangan bingung, Satudetik.com akan memberikan uraian tentang langkah strategi yang tepat untuk anda lakukan. Serta menggunakan media apa yang sangat cocok melihat pasar hari ini. Berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan untuk berjualan online:

Temukan ide bisnis online

Ada yang bilang menemukan ide bisnis itu mudah, ada juga yang mengeluh sulit menemukan ide bisnis. Namun, tidak sedikit dari mereka yang menemukan ide bisnis namun berakhir dengan kegagalan. Jadi kita harus tahu bagaimana mendapatkan ide bisnis online yang tepat hingga mampu menemukan cara jualan online terbaik dan mampu bertahan di pasar?

Dan dibawah ini, satudetik akan uraikan bagi anda langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menemukan sebuah ide bisnis online yang tepat:

  • Pemetaan kemampuan dan hobi

Seperti judulnya, anda harus menganalisa kemampuan dan hobi anda. Kemampuan ini melambangkan keterampilan yang anda miliki, dan hal-hal yang benar-benar anda kuasai. Kemudian hobi melambangkan hal-hal yang anda sukai. Jadi kedua hal tersebut harus jadikan sebagi landasan dasar untuk menentukan ide bisnis jualan online anda.

  • Mencari masalah

Tentu saja, tujuannya bukan untuk mencari masalah dengan orang lain. Sebaliknya, cobalah untuk menemukan masalah yang dikeluhkan banyak orang di sekitar anda. Semakin banyak orang mengeluh tentang masalah, semakin banyak orang mencari solusi untuk masalah tersebut. Artinya, jika anda mampu memberikan solusi, banyak orang akan bersedia membayar untuk solusi tersebut.

  • Belajar dari kelebihan dan kekurangan pekerjaan orang lain

Cara lain untuk mendapatkan ide bisnis jualan online adalah dengan belajar dari perusahaan atau pemain jualan online lain yang sudah berbisnis. Sebuah bisnis yang sukses harus memiliki sejumlah keuntungan. Dengan mengetahui keuntungan tersebut, anda dapat melakukan operasi ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi).

Yang terpenting adalah proses penyesuaian. Modifikasi dimaksudkan untuk menonjolkan kelebihan dan menutupi kekurangan dari karya yang anda ambil. Bisa juga belajar dari karya orang lain dengan mempelajari kelemahan bisnis yang ada. Dengan memberikan solusi atas kelemahan tersebut, anda dapat menciptakan bisnis baru yang berdaya saing.

  • Sesuai tren

Tren adalah sesuatu yang diminati sekelompok besar orang pada waktu tertentu. Beberapa tren bertahan untuk waktu yang singkat dan beberapa bertahan untuk waktu yang lama. Jika bisnis jualan online anda mengikuti tren, berpotensi menarik pelanggan dengan cepat dan dalam jumlah besar. Tidak ada salahnya mengikuti tren, namun tentunya anda juga harus siap jika tren tiba-tiba berubah.

TRENDING  Cara Sukses Berdagang Pakaian Dengan Mudah

Ada beberapa alat/tools untuk memantau tren dalam menentukan cara jualan online terbaik :

  1. tren google
  2. trending topik di twitter
  3. youtube populer

Dengan menggunakan alat di atas, anda dapat mengetahui jualan online yang paling laris saat ini. Namun, itu tidak serta merta menjadi sebuah produk. Anda harus bisa mengubah tren tersebut menjadi produk yang menarik.

Tentukan target pasar

Apa target pasarnya? Target pasar anda sangat penting dalam memulai penjualan online anda. Anda harus terlebih dahulu mendefinisikan target pasar anda dengan jelas. Sebelum memulai bisnis, yang harus anda miliki terlebih dahulu adalah target pasar. Anda juga harus mulai menemukan pasar yang potensial untuk anda menjalankan bisnis jualan online.

Untuk menentukan target pasar, anda harus melakukan penilaian yang cermat terhadap segmen yang akan dimasuki dan ukuran segmen tersebut. Seringkali kesalahannya adalah menjadikan semua orang sebagai target pasar. Itu tidak mendefinisikan pasar sasaran sama sekali. Hal ini akan mengakibatkan pemasaran tidak fokus, sumber daya kurang efektif, dan mengakibatkan target penjualan tidak terpenuhi.

Penawaran

Setelah mendapatkan ide bisnis jualan online dan mengidentifikasi target pasar yang ingin dibidik. Maka saatnya membuat penawaran yang sesuai dengan target pasar anda. Untuk dapat membuat penawaran yang menarik, anda perlu memahami siapa target pasar anda, apa keluhan mereka, solusi apa yang mereka cari, dll.

Sebuah produk tunggal dapat disajikan dalam sepuluh atau lebih cara yang berbeda. Sehingga memilih atau menentukan penawaran yang tepat sesuai dengan target pasar bukanlah hal yang mudah. Dan anda juga harus melakukannya dengan baik karena ini menentukan keberhasilan bisnis anda. Dan untuk itu anda harus memahami ilmu copywriting.

Promosi Produk Jualan Online

Promosi merupakan sesuatu yang wajib untuk anda lakukan guna mendongkrak tingkat penjualan anda. karena disini ita membahas tentang cara jualan online terbaik, tentu anda harus promosi secara online dengan tepat sasaran menggunakan media yang tepat. Terdapat banyak media promosi yang dapat anda gunakan. Di bawah akan kami uraikan.

Pergerakan lalu lintas

Anda juga harus siap untuk selalu memantau lalu lintas dari toko online anda. Dengan memantau lalu lintas pengunjung, anda juga dapat mengetahui apakah promosi yang dilakukan selama ini benar-benar efektif atau ada yang kurang. Oleh karena itu, selalu pantau traffic dari jumlah pengunjung per hari ke toko online anda, semakin tinggi traffic, semakin besar kemungkinan produk akan terjual.

Konversi

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah tingkat konversi atau sering juga disebut dengan CR. Ya, ini adalah angka persentase pengunjung online yang melakukan transaksi. Sedangkan cara perhitungannya adalah dengan menjumlahkan jumlah pengunjung kemudian membaginya dengan jumlah pengunjung yang benar-benar bertransaksi.

Jadi, pada intinya, semakin tinggi jumlah pengunjung dan semakin tinggi registri bisnis untuk penjualan online anda, semakin tinggi jumlah penjualan, jadi anda harus mencoba meningkatkan jumlah pengunjung dan registri bisnis anda yang ada.

TRENDING  Jualan Online Yang Paling Laris di Tahun Ini

Media Sosial Untuk Promosi

Jika anda ingin menemukan cara jualan online terbaik, Media sosial bisa dibilang tempat paling menjanjikan untuk mempromosikan bisnis online. mengapa? Karena ada jutaan orang yang aktif menggunakan media sosial setiap harinya. Jadi sangat tepat jikan anda memanfaatkan media sosial sebagai tempat untuk melakukan promosi produk jualan online anda.

Facebook – cara jualan online di facebook

Facebook merupakan salah satu media sosial populer dengan jumlah pengguna terbesar di dunia. Di Indonesia sendiri, ada 130 juta pengguna Facebook. Usia penggunanya juga bervariasi, mulai dari remaja hingga dewasa. Nah, jika target pasar anda banyak menggunakan Facebook, maka tentunya anda wajib melakukan promosi di sana. Tenang, Facebook sendiri juga telah memperkenalkan beberapa fitur khusus untuk para pengusaha yang mudah digunakan.

Ada dua fitur utama:

  1. Facebook Bussines
  2. Facebook Ads

Facebook for Business, tempat anda dapat menerapkan cara jualan online terbaik di Facebook dengan mengelola akun bisnis anda. Anda dapat membuat konten promosi dan memperbarui produk terbaru untuk testimonial pelanggan.

Anda juga dapat mencoba fitur Facebook Ads. Fitur ini akan mempromosikan halaman pribadi anda ke target pasar anda. Anda hanya perlu menetapkan kriteria untuk pengguna yang akan menerima iklan anda. Jadi iklan hanya akan muncul kepada pengguna yang kemungkinan besar tertarik dengan bisnis anda.

Jualan Online Di Instagram

Tidak kalah dengan Facebook, Instagram juga memiliki jumlah pengguna aktif yang relatif banyak. Ada 61 juta pengguna di Indonesia. Fakta menarik lainnya, 45% pengguna Instagram membeli produk setelah melihatnya di Instagram. Wow, Instagram benar-benar mampu membius penggunanya.

Karena dimiliki oleh Facebook, Instagram memiliki dua kesamaan fitur:

  1. Instagram For Bussines
  2. Instagram Ads

Jika bisnis anda adalah bisnis fashion, anda bisa membuat konten video mix and match produk. Jika anda suka memasak, Anda dapat membuat video tentang cara memasak atau mengulas produk. Maksimalkan fitur IG TV untuk mendapatkan engagement atau brand awareness.

Anda juga dapat menggunakan fitur iklan Instagram. Jika Anda perhatikan, ketika anda mencari sesuatu di pencarian Instagram, anda pasti akan mendapatkan banyak iklan yang mirip dengan pencarian anda. Di sinilah Instagram menjadi menarik. Iklan dapat menargetkan pengguna yang memiliki minat potensial pada produk.

Untuk menjangkau lebih banyak klien, anda juga dapat berkolaborasi dengan influencer. Influencer dapat meningkatkan kesadaran merek, jumlah pengikut, dan penjualan bisnis anda.

Twitter

Cara jualan online terbaik salah satunya juga dapat menggunakan Thread di Twitter yang bisa menjadi pilihan. Apalagi target pasarnya banyak yang menggunakan Twitter. Di Indonesia sendiri, pengguna Twitter adalah 56% dari total pengguna internet. Apalagi, statistik pangsa pasar di Twitter Indonesia terus meningkat.

Ini bisa terjadi karena di Twitter, anda bisa memiliki viewport yang lebih tinggi. Artinya, Tweet anda dapat muncul di linimasa pengguna yang menyukai, me-retweet, atau mengomentari Tweet anda. Akibatnya, pengikut pengguna ini juga dapat melihat tweet tentang produk jualan online atau promosi anda.

TRENDING  Cara Jualan Online Laris Di Whatsapp Terbaru

Nah, anda bisa mencoba membuat tweet promosi, produk atau mencoba membuat tema ringan untuk bersenang-senang. Jika ingin lebih diperhatikan, anda bisa mencoba beriklan dengan fitur Iklan Twitter. Sama seperti Instagram dan Facebook, di Twitter Ads, anda dapat mengatur target pengguna yang mendapatkan iklan dan anggaran sesuai dengan kebutuhan anda.

YouTube

Anda mungkin akan terkejut jika YouTube adalah media sosial dengan pengguna terbanyak. Di Indonesia, dari 150 juta pengguna internet, 88% pengguna menggunakan YouTube. Bagi pemilik bisnis, banyaknya jumlah YouTuber merupakan peluang untuk dapat menerapkan strategi pemasaran.

Tidak perlu membuat konten promosi hanya untuk produk. Anda dapat membuat konten video kreatif yang sesuai dengan target pasar jualan online anda. Atau, anda dapat mengunggah iklan video untuk produk anda. Kemudian daftar ke iklan YouTube agar video anda dapat dilihat di saluran video orang lain.

WA – cara jualan online laris di whatsapp

Bisa dikatakan pengguna WhatsApp di Indonesia cukup besar. Lebih dari 120 juta pengguna internet pasti terdaftar menggunakan WhatsApp di ponsel mereka. Dari remaja hingga dewasa, pengguna WhatsApp tidak memandang usia tertentu. Biasanya, pengguna menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan kerabat atau teman. Mereka biasanya menggunakan fitur seperti chat, voice call, dan video call untuk membuat status di WA Stories.

Kini pemilik bisnis juga dapat menggunakan WhatsApp merupakan salah satu pilihan media jualan online, karena WhatsApp sendiri telah meluncurkan platform bisnis, yaitu WhatsApp Business. WA Bisnis memiliki fitur khusus untuk terhubung dengan pemilik bisnis dan pemasaran, yaitu:

  1. Tampilan Profil Bisnis
  2. Balas Pesan Otomatis
  3. Label
  4. Statistik

Pastikan anda dapat memaksimalkan fitur WhatsApp Business dan menggunakannya untuk meningkatkan penjualan.

Pinterest

Pinterest adalah papan pin online untuk mengumpulkan gambar atau video dari berbagai situs web. Nah, jika seseorang mengklik pin gambar, mereka akan diarahkan ke situs web gambar. Apa manfaat Pinterest untuk bisnis jualan online anda? Pinterest dapat meningkatkan lalu lintas situs web atau blog anda.

Jualan Online Di Tik-Tok

Siapa sangka aplikasi media sosial bergambar lucu ini juga cocok untuk promosi bisnis. Apalagi TikTok saat ini mampu bersaing dengan popularitas Instagram. Ada 10 juta pengguna aktif TikTok di Indonesia. Uniknya, TikTok sangat disukai oleh anak muda berusia antara 16 hingga 24 tahun.

Oleh karena itu, jika produk anda memiliki target pasar di usia ini, maka anda perlu mencoba berpromosi di TikTok. Anda dapat mempromosikan produk anda melalui video musik dari TikTok. Bahkan banyak produk yang mendadak viral gara-gara video TikTok, misalnya produk kecantikan perawatan kulit Bio-Oil, beberapa Mi Bye Bye Blackheads, dan Larissa Acne Lotion.

Anda juga bisa membuat challenge untuk mengajak para pemakai TikTok untuk mencoba produk online anda. Hal ini sudah dilakukan oleh brand ternama seperti Guess dengan tagar #InMyDenim challenge. Alhasil, brand awareness perusahaan juga akan meningkat. Sama seperti Facebook dan Instagram, TikTok juga menyediakan fitur TikTok Ads untuk mengiklankan produk jualan online anda.

Demikian penjelasan tentang cara jualan online terbaik menggunakan media sosial yang dapat anda pelajari lebih lanjut. Dengan menggunakan medsos, penjualan online anda tentu akan mengalami peningkatan yang baik jika anda menggunakannya dengan benar. Dan semoga dari informasi diatas dapat membantu bisnis anda.

Baca Juga

cara jualan online laris di whatsapp

Cara Jualan Online Laris Di Whatsapp Terbaru

Satudetik.com – Saat ini, ada berbagai cara untuk menjual produk bisnis anda. Salah satu metode …

THIS CONTENT IS PROTECTED DMCA