gunung berapi paling berbahaya

Gunung Berapi Paling Berbahaya Di Dunia

Satudetik.com – Bagi yang suka menjelajah alam, salah satu pemandangan menarik bisa dilihat saat anda sedang mendaki atau saat berada di gunung. Namun, apa jadinya jika gunung tersebut merupakan gunung berapi yang berbahaya. Tentu saja kehati-hatian adalah hal utama, atau jika anda perlu mengubah target pendakian anda, itu mungkin pilihan yang tepat. Dan kali ini satudetik.com akan memberikan informasi tentang gunung berapi paling berbahaya di Dunia.

Dilansir dari Menshealth.com, berikut adalah daftar 10 gunung berapi dengan tingkat berbahaya yang tinggi di Dunia, salah satunya di Indonesia. Dari daftar gunung tersebut diambil berdasarkan jarak gunung berapi dengan wilayah penduduk karena jika terjadi letusan memiliki dampak paling mematikan.

Gunung Berapi Paling Berbahaya Di Dunia

Gunung berapi merupakan gunung yang memiliki potensi meletus dengan dampak yang sangat berbahaya. Namun dalam beberapa fakta, terdapat gunung berapi paling berbahaya di Dunia yang memiliki potensi sangat mengerikan terhadap penduduk disekitarnya. Dan berikut gunung yang dalam kategori tersebut :

Gunung Cotopaxi Di Negara Ekuador

Terletak di Cordillera Central Mountains di Ekuador tengah, Cotopaxi adalah salah satu gunung berapi tertinggi di Dunia, pada ketinggian 19.393 kaki. Gunung tersebut adalah gunung berapi paling aktif dan berbahaya di negara Ekuador, Dan telah mengalami 50 kali meletus sejak abad ke 16.

Lima puluh letusan ini telah terjadi sejak 1738, dengan letusan tahun 1877 menjadi yang paling kuat, menciptakan aliran lumpur yang menempuh jarak 60 mil dari gunung berapi ke Samudra Pasifik. Letusan terakhir dari salah satu gunung berapi paling berbahaya di dunia ini, terjadi pada tahun 1904, meskipun sempat terjadi kepanikan pada tahun 2005.

Gunung Vesuvius Di Negara Italia ~ Gunung Berapi Berbahaya

Gunung ini merupakan gunung berapi yang telah mengakibatkan kehancuran di kota Pompeii pada 79 M. Dalam 17.000 tahun terakhir, telah terjadi delapan letusan gunung berapi besar yang di dahului aliran lava besar, arus gas yang sangat panas yang bergerak cepat. Material vulkanik bisa mencapai kecepatan 430 mil per jam.

Letusan terakhir yang diketahui terjadi pada tahun 1944. Karena Vesuvius dekat dengan banyak daerah berpenghuni di Italia, seperti kota Napoli, pemerintah Italia melakukan segala daya untuk mempersiapkan letusan gunung berapi ini di masa depan.

Popocatépetl Di Negara Meksiko

Popocatépetl adalah gunung berapi paling berbahaya dan tertinggi kedua di Amerika Utara, terletak hanya 40 mil tenggara Mexico City – salah satu daerah perkotaan terbesar di Dunia, dengan populasi yang besar. Meskipun tidak ada letusan gunung berapi besar, ada periode aktivitas sepanjang sejarah, dan pada tahun 1994, asap naik dari gunung berapi untuk pertama kalinya dalam 1.000 tahun, menyebabkan banyak orang takut akan letusan.

Para ilmuwan menghawatirkan ledakan besar pada akhirnya – mereka tidak tahu kapan itu akan terjadi. Jika ya, peristiwa itu akan membawa lahar 1.000 derajat (semburan lumpur) dan aliran lava dengan kecepatan 60mph, yang akan mencapai daerah padat penduduk, serta abu lava yang akan menghancurkan segala sesuatu di sekitarnya.

Gunung Berapi Mayon Di Negara Filipina

Gunung berapi ini sangat aktif serta paling terkenal di Negara Filipina, ketinggian 8.077 kaki bertempat di pulau Luzon. Letusan gunung berapi sangat sering terjadi, mengakibatkan aliran lava, semburan lumpur, dan abu yang jatuh sehingga menyebabkan evakuasi besar-besaran.

Letusan gunung berapi yang paling kuat terjadi pada tahun 1814, menewaskan lebih dari 1.200 orang. Catatan sejarah letusan gunung berapi dimulai pada tahun 1616. Gunung ini baru saja meletus pada Januari 2018, menyebabkan letusan besar lava dan abu yang menyebabkan evakuasi lebih dari 56.000 orang.

Mount St. Helens Di Negara Washington, AS

Dari beberapa gunung paling berbahaya di Amerika, gunung ini merupakan salah satu diantaranya. Mempunyai ketinggian lebih dari 8.000 kaki diatas laut, gunung stratovolcano aktif ini yang berada di Skamania County, Washington, dan hanya berjarak 50 mil timur laut Portland, Oregon.

Pada tahun 1980, letusan Gunung St Helens menjadi peristiwa vulkanik paling mematikan dan paling merusak dalam sejarah AS: 57 orang meninggal, hampir 200 mil persegi hutan hancur, dan ribuan hewan punah. Survei Geologi AS mengatakan sejarah membuktikan bahwa letusan gunung berapi paling berbahaya ini di masa depan hampir pasti – dan peristiwa itu akan mengirimkan sejumlah besar abu jatuh di atas Pacific Northwest.

Gunung Merapi Di Negara Indonesia

Gunung Merapi salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia, telah meletus berabad-abad yang lalu. Dengan ketinggian 9.551 kaki, gunung ini berada di pusat pulau jawa serta di sebelah utara provinsi Ygyakarta. Salah satu letusan terbesar yang tercatat terjadi pada tahun 1006 dan menyebarkan abu di seluruh Jawa.

Gunung Merapi pada tahun 1994 pernah meletus dengan menewaskan 64 orang. Di tahun 2010 juga pernah meletus, merenggut benyak nyawa serta melakukan evakuasi ribuan masyarakat.

Kilauea Volcano Di Negara Hawaii, AS

Anda mungkin mengenali nama gunung berapi paling berbahaya ini dari letusan eksplosifnya baru-baru ini pada tahun 2018. Gunung berapi perisai ini aktif dan paling berbahaya dari lima gunung berapi yang berada di pulau Hawaii.

Terletak di sepanjang pantai selatan pulau, itu adalah pusat letusan saat ini dari Hawaii-Emperor Marine Range, dan berusia antara 210.000 dan 280.000 Tahun. Gunung berapi ini pernah meletus dari tahun 1983 sampai 2018 serta menyebabkan kehancuran dan banyak evakuasi penduduk.

Kaldera Coatepeque Di Negara El Salvador

Gunung berapi paling berbahaya ini adalah kaldera danau besar yang dibentuk oleh runtuhnya sekelompok gunung berapi bertingkat di timur Santa Ana. Dan bagian dari Santa Ana Volcano selama letusan gunung berapi ribuan tahun yang lalu.

Magma rentan terhadap letusan gunung berapi yang besar dan eksplosif, apalagi terletak di pusat El Salvador, yang berarti letusan dapat menyebabkan kehancuran massal dan kekacauan. Kaldera yang dipenuhi danau membuatnya lebih berbahaya karena meningkatkan letusan atau semburan lumpur.

Gunung Berapi Galeras Di Negara Kolombia ~Gunung Berapi Berbahaya

Gunung stratovolcano ini dengan kaldera besar berada di sebelah barat kota Pasto, serta merupakan salah satu dari gunung api paling aktif di negara Kolombia. Dan berdasarkan sejarah, gunung berapi ini sudah aktif sejak satu juta tahun yang lalu.

Perubahan hidrotermal jangka panjang yang ekstensif mempengaruhi gunung berapi, menyebabkan bangunan runtuh, memicu longsoran puing-puing. Letusan besar dapat menyebabkan aliran lava yang sangat berbahaya. Pada tahun 1993, letusan gunug ini menewaskan 9 orang dengan termasuk para ilmuannya.

Campi Flegrei Di Negara Italia ~ Gunung Berapi

Campi Flegrei adalah wilayah vulkanik selebar 18 mil, memberinya julukan “gunung berapi super” dengan sejarah letusan eksplosif besar baru-baru ini. Sebagian terletak di bawah Teluk Napoli, sangat dekat dengan area berpenduduk lebih dari 6 juta orang. Belum pernah meletus sejak 1538, tetapi ada tanda-tanda akan segera terjadi, dan dampaknya akan menghancurkan.

Dan para ilmuwan pernah mengatakan bahwa letusan gunung ini akan lebih daari 100 hingga 1.000 kali lebih kuat dari gunung St. Helens di Tahun 1980. Selain itu, sekitar satu juta orang tinggal di dalam kawah gunung berapi super, dan akan mati seketika dalam letusan seperti itu. Selain itu, awan abu yang dihasilkan dapat menutupi matahari dan mendinginkan seluruh planet.

Demikian penjelasan tentang daftar gunung berapi paling berbahaya di Dunia. Semoga informasi diatas dapat memberikan pengetahuan yang baru untuk anda. Namun perlu anda ketahi setiap bencana alam di Dunia sudah ada yang mengaturnya, yaitu Tuhan yang maha Esa, kita hanya tinggal merawatnya dengan baik.

THIS CONTENT IS PROTECTED DMCA