jenis tabungan mandiri

Jenis Tabungan Mandiri : Keuntungan dan Biaya

Satudetik.com – Ada banyak jenis tabungan Mandiri. Mulai dari tabungan haji, TKI, tabungan untuk anak-anak, hingga tabungan untuk pelajar dan karyawan. Setiap tabungan Mandiri yang ditawarkan memiliki beragam manfaat serta keuntungan masing – masing bagi calon nasabah.

Sebagai Perusahaan perbankan yang didirikan Tahun 1998 serta menjadi salah satu Bank Terbesar di Indonesia, Bank Mandiri memberikan penawaran bagi calon nasabahnya berbagai produk perbankan yang sangat menarik. Di lain hal, Dengan banyaknya nasabah yang dimiliki, Bank Mandiri juga secara terus menerus mencoba meningkatkan setiap layanannya.

Selain itu semua, Bank Mandiri juga mempunyai ketentuan biaya layanan yang mulai dari Setoran awal, administrasi bulanan, biaya pembuatan kartu ATM dan yang lainnya. Dan yang pasti, dari uraian jenis tabungan Mandiri dibawah serta dengan biaya administrasi hingga administrasi bulanan mempunyai perbedaan dalam pembiayaannya.

10 Jenis Tabungan Mandiri

Apa saja jenis rekening tabungan Bank Mandiri? Jika anda memang sudah memutuskan untuk membuat rekening tabungan Bank Mandiri, seharusnya anda terlebih dahulu mengetahui jenis atau macam-macam tabungan Mandiri beserta biaya administrasi hingga manfaatnya.

1. Tabungan Mandiri

Jenis tabungan Mandiri yang pertama adalah tabungan biasa yang mana setiap orang dapat dengan mudah membuka rekening tabungan tersebut. Produk tabungan ini khusus untuk calon nasabah yang baru ingin menabung atau sekedar menyimpannya di Bank. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan tabungan mandiri ini untuk mendapatkan Fiestapoints.

Fiestapoin Reward ini bisa Anda dapatkan dari Bank Mandiri cukup dengan menggunakan Kartu Debit Mandiri Anda untuk berbelanja atau bertransaksi di mana saja. Semakin banyak poin yang Anda kumpulkan, semakin banyak hadiah yang Anda dapatkan.

Tidak hanya itu, tabungan mandiri jenis ini memiliki fitur transfer uang otomatis AFT, dimana Anda dapat membayar tagihan secara otomatis. Ada banyak keuntungan yang Anda dapatkan dari membuka rekening tabungan mandiri ini.

Syarat Buka Rekening

Seperti Bank pada umumnya, tabungan Mandiri regular atau biasa memiliki persayratan yang perlu anda persiapkan sebelum mengajukan pembukaan rekening. Berikut selengkapnya:

⦁ KTP (untuk WNI).
⦁ KIMS/KITAS (untuk WNA)
⦁ NPWP (opsional)
⦁ Setoran awal Rp 500.000

Biaya

⦁ Biaya administrasi bulanan Rp 12.500 per bulan.
⦁ Denda saldo dibawah minimum Rp 5.000 per bulan.
⦁ Biaya penutupan rekening Rp 50.000.
⦁ Pergantian buku rekening karena rusak Rp 5.000.
⦁ Biaya penarikan tunai melalui teller Rp 2.500 dan Rp 10.000 (untuk penarikan dibawah Rp 10 jt).

Bunga

Bunga jenis tabungan Mandiri reguler didasarkan pada nilai nominal rekening Anda. Misalnya nominal Rp 1 juta – di bawah Rp 500 juta dikenakan bunga sebesar 0,25%, nominal Rp 500 juta hingga Rp 1 miliar dengan tingkat bunga 1,00%, dan nominal di atas Rp 1 miliar dikenakan bunga sebesar 1,50%.

2. Tabungan Rencana

Jenis tabungan Mandiri satu ini cocok untuk Anda yang menggunakan rekening tabungan sebagai tabungan dana darurat. Akun Anda akan melakukan penarikan otomatis atau debit otomatis, sehingga Anda memiliki setoran reguler.

Setoran otomatis reguler ini disesuaikan dengan kapasitas, mulai dari Rp 100.000 per bulan. Jangka waktu tabungan untuk jenis tabungan ini juga fleksibel, yaitu dari 1 hingga 20 tahun dan tingkat bunga yang digunakan lebih tinggi.

Syarat Buka Rekening

Sedangkan untuk syarat buka rekening tabungan rencara Mandiri anda harus:

⦁ Minimal sudah berusia 18 Tahun.
⦁ Usia maksimal 70 Tahun.
⦁ Sudah menjadi nasabah Bank Mandiri.
⦁ Dan mengisi formulir.

Biaya

⦁ Biaya administrasi bulan Rp 0 (gratis).
⦁ Biaya penarikan dana Otomatis karena gagal Rp 5.000 per transaksi.
⦁ Biaya penutupan rekening jatuh tempo Rp 0 (gratis).
⦁ Biaya penutupan rekening sebelum jatuh tempo Rp 150.000.
⦁ Biaya penarikan selama jangka waktu perjanjian Rp 100.000.
⦁ Biaya pengajuan giro Rp 2.500 per saham.

TRENDING  Cara Buka Tabungan TKI Mandiri: Fasilitas Keuntungan

Bunga

Bunga tabungan dalam program Mandiri ditentukan berdasarkan jangka waktu perjanjian nasabah. Jangka waktu 1-3 tahun ditetapkan dengan tingkat bunga 2,00%. Setelah itu, suku bunga untuk 4-9 tahun adalah sekitar 2,25%, suku bunga untuk 10-14 tahun adalah 2,50%, dan selama 15 tahun suku bunga adalah 2,75%.

CARA BUKA TABUNGAN

3. Tabungan Haji

Tabungan Haji Mandiri merupakan jenis tabungan Mandiri Syariah Islam yang berdiri sendiri bagi Anda yang berencana untuk pergi haji atau umroh ke Tanah Suci. Tabungan mandiri ini dikenal dengan nama Tabungan Mabrur. Maka dari itu temukan juga cara buka tabungan haji Mandiri Syariah.

Keuntungan membuka rekening tabungan haji terpisah adalah tidak ada biaya administrasi dan penutupan rekening juga gratis. Jenis tabungan yang independen dari hukum Islam ini memiliki prinsip Syariah dengan akad Mudharabah Syariah.

Syarat

Persyaratan penyelenggaraan haji sangat mudah. Cukup bawa KTP atau SIM card untuk identifikasi. Setelah itu, Anda juga perlu menyiapkan setoran awal minimal Rp100.000, dan setoran selanjutnya minimal Rp100.000.

Biaya

Biaya tabungan mandiri untuk rencana pergi haji atau umroh tidak signifikan. Misalnya, jenis tabungan ilegal membebaskan Anda dari biaya administrasi. Namun, akan dikenakan biaya jika buku besar Rp rusak. 5.000 dan buku itu hilang seharga Rp. 15.000. Biaya penutupan rekening juga dibebaskan.

CARA BUKA TABUNGAN

4. Tabungan Bisnis

Jenis tabungan mandiri selanjutnya adalah tabungan bisnis Mandiri. Seperti namanya, tabungan bisnis freelance ini bisa membantu memenuhi kebutuhan finansial bisnis Anda. Lalu apa yang membedakan tabungan usaha mandiri ini dengan jenis tabungan mandiri lainnya?

Oleh karena itu, dengan tabungan usaha mandiri, Anda akan mendapatkan tabungan khusus untuk usaha atau bisnis Anda. Karena biasanya uang yang dialokasikan untuk suatu proyek atau perusahaan tidaklah sedikit. Oleh karena itu, agar tidak tertukar dengan uang pribadi, Anda memerlukan tabungan usaha sendiri.

Syarat

Ada beberapa syarat buka tabungan bisnis mandiri yang harus Anda penuhi untuk membuka rekening tabungan mandiri untuk jenis usaha ini. Persyaratan pertama adalah identitas diri seperti KTP dan paspor bagi warga negara Indonesia. Syarat kedua, dia harus memiliki bukti kepemilikan usaha atau bisnis Anda.

Juga, jangan lupa izin usaha atau komersial. Selanjutnya, khusus untuk badan usaha non perseorangan, diperlukan penyusunan NPWP, dokumen pendirian usaha, anggaran dasar dan perubahan terakhir, surat kuasa untuk mengelola rekening, bukti identitas penerima dan agen.

Biaya

Seperti jenis tabungan mandiri lainnya, ada juga biaya tabungan bisnis Mandiri yang perlu Anda perhatikan, sebagai berikut:

Biaya Administrasi: Ada biaya administrasi Rp 12.500 per bulan. Kemudian ada biaya manajemen dengan saldo kurang dari Rp. 10 juta rupiah 25 ribu.

Biaya penutupan akun dan akun negatif. Ada biaya penutupan rekening sebesar Rp 50.000, sedangkan jika rekening tabungan trading Anda tidak aktif atau tidak terpakai, Anda akan dikenakan biaya Rp 25.000 per bulan.

Biaya penggantian buku. Setiap penggantian buku benar-benar gratis. Namun, penggantian buku yang rusak dikenakan biaya Rp. 5.000 rupee dan mengganti buku yang hilang. 15.000 di cabang administrasi, tetapi di cabang pelaksana biaya dibebaskan.

Bunga

Selain biaya, ada juga bunga tabungan usaha Mandiri yang disesuaikan dengan nilai nominal di rekening tabungan Anda. Nilai nominal kurang dari satu juta rupiah Indonesia tidak memiliki tingkat bunga. Namun, nominal di atas Rp. 50 juta dengan tingkat bunga 0.80%. Nilai nominalnya dari lebih dari 50 juta hingga kurang dari 500 juta dengan tingkat bunga 1,05%.

CARA BUKA TABUNGAN

5. Tabungan TKI

Jenis tabungan mandiri ini diperuntukkan bagi para pekerja migran Indonesia (TKI) atau pekerja migran Indonesia dan keluarganya. Mandiri bernama Tabungan TKI, sebagai solusi menabung TKI yang mudah, murah dan nyaman.

TRENDING  Syarat Dan Cara Buka Tabungan Investor Mandiri

Dengan fitur Mandiri TKI Tabungan, otomatis Anda akan mengikuti program Mandiri Fiestapoin yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan berbagai hadiah atau rewards.

Syarat

Persyaratan pembukaan Rekening Tabungan TKI Mandiri adalah melengkapi dokumen sebagai berikut:

⦁ KTP calon TKI.
⦁ Surat keterangan dari lembaga pengiriman TKI, seperti P3MI, BP2MI, BP3TKI, Depnaker, dll).
⦁ KTP keluarga TKI, Kartu Keluarga, atau buku nikah calok TKI.

Biaya

Biaya rekening tabungan mandiri ini sangat kecil. Biaya pengelolaan Tabungan TKI Mandiri hanya Rp. 2500 per bulan. Menariknya, untuk bulan pertama pembukaan rekening tabungan ini, biaya pengelolaannya gratis.

Bunga

Suku bunga tabungan mandiri juga relatif kecil. Tingkat bunga nominal adalah Rp. 500 juta, dan tingkat bunga hanya 0,15%, sedangkan tingkat bunga nominal Rp. 500 juta hingga kurang dari Rp. 1 miliar 0,60% dan bunga nominal di atas Rp. 1 miliar adalah 1,25%.

CARA BUKA TABUNGAN

6. TabunganKu

TabunganKu Mandiri merupakan salah satu jenis tabungan Mandiri yang bekerjasama dengan pemerintah dan OJK untuk menumbuhkan kebiasaan menabung di masyarakat.

TabunganKu juga merupakan salah satu jenis program tabungan mandiri. Syarat dan biaya yang ditawarkan TabunganKu relatif mudah dan ringan, sehingga seluruh lapisan masyarakat Indonesia dapat menabung di bank tersebut.

Syarat

Persyaratan TabunganKu Mandiri sangat mudah. Bahkan jenis tabungan ini dapat digunakan untuk orang tua yang ingin membuka rekening untuk anak-anaknya. Persyaratan untuk membuka rekening tabungan tersendiri hanya memerlukan KTP dan NPWP.

Biaya

Hal yang menarik dari biaya tabunganku mandiri adalah bebas biaya pengelolaan bulanan. Namun, masih ada biaya lain, sebagai berikut:

⦁ Biaya penutupan rekening. Jika Anda ingin menutup rekening TabunganKu ini, biaya Rp. 20.000. Selain itu, ada juga biaya akun negatif sebesar Rp. 2000.
⦁ Biaya penarikan tunai dan non tunai. Biaya penarikan tunai dan non tunai adalah Rp 5.000 per transaksi.
⦁ Biaya penggantian kartu. Jika kartu habis dan Anda ingin menggantinya, dikenakan biaya sebesar Rp. 15.000.
⦁ Biaya Penerbitan Ulang PIN. PIN ini biasanya diterbitkan kembali kepada orang yang telah memblokir ATM dan ingin membukanya kembali. Biayanya Rp. 5000.

CARA BUKA TABUNGAN

7. Mandiri Valas

Tabungan Mandiri jenis ini cocok bagi anda yang ingin menghemat devisa. Jenis Tabungan Mandiri Valas menawarkan deposito dan nilai tukar yang kompetitif. Dan rekening tabungan ini juga meenawarkan layanan terbaik bagi nasabah yang akan melakukan penarikan menggunakan mata uang yang berbeda, seperti dengan menggunakan uang rupiah, dolar AS ataupun menggunakan mata uang lainnya.

Disisi lain, anda bisa melakukan proses transaksi setoran tunai maupun non-tunai. Bahkan dengan uang tunai $100, dalam kondisi baik, tanpa komisi, harga beli dan jual.

Syarat

Klaim tabungan mata uang asing yang terpisah dapat dibuka atas nama dua orang secara bersamaan, atau dalam bentuk rekening bersama. Persyaratan pembukaan rekening tabungan Mandiri Valas adalah fotokopi KTP dan KTP bagi WNI, serta paspor bagi WNA.

Biaya

Jenis mata uang ayng anda gunakan akan mempengaruhi pada setoran aal anda dalam tabungan Mandiri. Contoh jenis mata uang adalah USD, setoran awal adalah USD 100 dan biaya administrasi bulanan sebesar USD 1 akan dikenakan. Kemudian Anda dapat melihat tabel di bawah ini untuk jenis forex dan biaya manajemen bulanan lainnya:

Jenis Valuta Setoran Awal Biaya Admin per Bulan
SGD SGD200 SGD2
JPY JPY10.000 JPY100
EUR EUR100 EUR1
CHF CHF100 CHF1
GBP GBP100 GBP1
AUD AUD100 AUD1
HKD HKD500 HKD5

CARA BUKA TABUNGAN

8. TabunganMu

Bank Mandiri juga memberikan penawaran bagi calon nasabah dengan program yang memiliki biaya murah jika dibandingkan dengan jenis tabungan Mandiri yang lain. Namanya Mandiri TabunganMu atau lebih dikenal dengan Tabungan Mandiri Mitra Usaha.

Setoran awal untuk jenis Tabungan Mandiri ini hanya Rp 50.000. Anda juga akan mendapatkan Mandiri Debit Mitra Usaha yang penggunaannya sama dengan ATM atau kartu debit. Dan manfaatnya juga kartu tersebut bisa anda gunakan untuk transaksi diberbagai toko di berbagai wilayah di Indonesia.

TRENDING  Cara Dan Syarat Buka Rekening Tabunganku Mandiri

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan akses fasilitas electronic banking, mulai dari SMS banking dan Internet banking dari Mandiri. Apa saja persyaratan pembukaan rekening tabunganMu Mandiri?

Syarat

Persyaratan pembukaan Rekening TabunganMu Mandiri masih sama dengan yang lainnya. Dokumen yang diperlukan antara lain fotokopi identitas diri seperti KTP untuk WNI dan paspor atau KIMS untuk WNA.

Anda akan memerlukan surat domisili ataupun dengan surat keterangan kerja jika anda membuat rekening tabunganMu di luar daerah dari alamat KTP anda. Maka dari itu, lebih mudah jika anda membuka rekeing ini di tempat sesuai dengan KTP anda.

Biaya

Ada biaya yang harus diperhatikan sebagai calon nasabah untuk jenis rekening tabungan mandiri ini, antara lain: Saldo terakhir setiap akhir bulan minimal Rp 1.000.000. Jika saldo tidak sesuai dengan ketentuan bank ini, Anda akan dikenakan denda sebesar Rp. 5000.

Biaya administrasi bulanan dibagi menjadi dua jenis:

⦁ Biaya pengelolaan rekening tabungan mitra bisnis bulanan sebesar Rp. 1500
⦁ Biaya Pengelolaan Kartu Debit Mitra Bisnis Bulanan Rp 1,000
⦁ Limit transaksi kartu debit mitra usaha melalui mesin setor tunai adalah Rp 15 juta per hari.

Bunga

Jika anda melihat dari segi nominal tabungan, jenis tabungan Mandiri ini, akan memiliki tingkat bungan sama. Mulai dari satu juta hingga kurang dari Rp. 500 juta tingkat bunga 0,15%, nominal di atas Rp. 500 juta sampai kurang dari 1 miliar adalah suku bunga 0,60%, dan bunga nominal di atas 1 miliar adalah 1,25%.

CARA BUKA TABUNGAN

9. Tabungan Karyawan & Pelajar

Selain bekerjasama dengan pemerintah, Bank Mandiri juga bekerjasama dengan perusahaan atau sekolah dalam memberikan simpanan kepada karyawan dan pelajar. Dan dalam produk tabungan ini, Bank Mandiri khusus memberikannya kepada sebuah perusahaan untuk para karyawannya ataupun sekolah untuk para pelajar.

Syarat

Persyaratan pembukaan jenis tabungan Mandiri pegawai dan siswa bagi perusahaan atau sekolah yang bekerjasama dengan Mandiri telah berubah. Oleh karena itu, ada negosiasi mengenai syarat pembukaan rekening antara perusahaan atau sekolah dengan bank independen. Jadi, persyaratannya tergantung pada perusahaan Anda dan sekolah Anda untuk memfasilitasi pembukaan akun ini.

Biaya

Untuk biaya pembukaan rekening Mandiri karyawan dan mahasiswa, biaya administrasi umumnya sekitar Rp. 3000 rupiah. Sekali lagi, kebijakan biaya pengelolaan ini juga berdasarkan kesepakatan bersama antara perusahaan, sekolah dan Bank Mandiri sendiri.

10. Tabungan Investor

Mandiri Tabungan Investor merupakan penjelasan terakhir dari Jenis tabungan mandiri pada artikel ini. Jenis tabungan ini ditawarkan kepada investor sebagai rekening tabungan untuk dana transaksi ekuitas. Dan pada saat ini, 80 lebih perusahaan sekuritas sudah melakukan kerjasama dengan Bank Mandiri.

Nasabah tabungan ini tidak akan mendapatkan buku tabungan atau kartu ATM seperti tabungan mandiri lainnya. Sebagai imbalannya, nasabah akan mendapatkan fasilitas SMS banking dan codeless online banking.

Syarat

Syarat untuk buka rekening tabungan Investor dari Bank Mandiri adalah sebagai berikut:

⦁ Fotokopi KTP.
⦁ Calon nasabah harus memiliki satu SID atau identitas investor.
⦁ Memiliki sub-rekening untuk sekuritas di Bursa Efek Kuwait
⦁ Lengkapi Formulir Pembukaan Akun Klien MTI
⦁ Menyerahkan surat kuasa kepada perusahaan efek atas nama nasabah. Selain itu, nasabah harus memberitahu bank jika ada perubahan surat kuasa.

Biaya

Keuntungan lain dari jenis tabungan ini, Anda tidak akan dikenakan biaya pengelolaan bulanan. Tabungan investor dengan bunga Al Mandari Tingkat bunga deposito investor ini dapat dilihat pada tabel di bawah ini:

Nominal Suku bunga %
0 – < Rp1 Juta 0.00
Rp1 Juta – < Rp50 Juta 0.80
Rp50 Juta – <500 Juta 1.05
Rp500 Juta – <Rp1 Miliar 1.40
>Rp1 Miliar 2.15

CARA BUKA TABUNGAN

Jenis-jenis tabungan mandiri dan biaya pengelolaan dijelaskan dengan detail yang jelas, sehingga Anda tidak perlu lagi bingung memilih yang mana. Bahkan dalam 10 macam – macam tabungan mandiri di atas, juga disajikan keunggulan masing-masing jenis tabungan. Sesuaikan kebutuhan tabungan Anda di Bank Mandiri.

Baca Juga

tabungan investor mandiri

Syarat Dan Cara Buka Tabungan Investor Mandiri

Satudetik.com – Dalam rangka meningkatkan kepercayaan investor dalam berinvestasi di pasar modal dan sejalan dengan …

THIS CONTENT IS PROTECTED DMCA